Contoh Paragraf Analogi, Generalisasi, Deduktif, Induktif, Sebab Akibat

Contoh paragraf deduktif ;

 Kebersihan sangat menjadi masalah di sekolah. Ini terjadi karena banyak murid-murid yang tidak sadar akan kebersihan. Padahal “kebersihan adalah sebagian dari iman
Kebersihan sangat menjadi masalah di sekolah, merupakan gagasan utama.

. Jadi paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utama terletak diawal paragraf.

Contoh paragraf Induktif

 Maka dari itu saya sangat setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti seminggu sekali. Karena jika lingkungan hidup bersih maka kita juga akan sehat. Maka dari itu kegiatan kerja bakti sangat penting di lingkungan sekolah.
Kegiatan kerja bakti sangat penting di lingkungan sekolah merupakan gagasan utama paragraf
yg terletak di akhir paragraf.

Contoh paragraf kausalitas / Sebab Akibat

Mulai tanggal 17 Januari 2002, harga berbagai jenis minyak bumi dalam negeri naik. Minyak tanah, premium, solar, dan lain-lain dinaikkan harganya. Hal ini karena Pemerintah ingin mengurangi subsidi dengan harapan supaya ekonomi Indonesia kembali berlangsung normal. Karena harga bahan bakar naik, sudah barang tentu biaya angkutan pun akan naik pula. Jika biaya angkutan naik, harga barang-barang pasti akan ikut naik karena biaya tambahan untuk transportasi harus diperhitungkan. Naiknya harga barang-barang akan dirasakan berat oleh rakyat. Oleh karena itu, kenaikan harga barang harus diimbangi dengan usaha menaikkan pendapatan masyarakat.