Gambaran Soal UNBK Kira Kira Sperti Apa?

Latihan Mengerjakan Model Soa UN Lalu Membahasnya

Pembelajaran kebahasaan hendaknya berorientasi pada peningkatan kemampuan siswa menggunakan bahasa secara benar dan efektif. Oleh karena itu, dalam pembelajaran diharapkan tidak hanya sekadar berfokus pada menghapal kaidah, tetapi lebih pada cara menggunakan kaidah tersebut sehingga siswa dapat berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks.

Penugasan dengan menggunakan sumber yang kontekstual di lingkungan sekitar dapat meningkatkan sensitivitas kebahasaan siswa. Guru dapat menugaskan siswa untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kalimat tidak efektif atau kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca yang terdapat dalam buku, artikel, jurnal, atau sumber-sumber lainnya.

Memahami Teks Sastra

1. Cermati teks berikut!

(1) Kehidupan di Lhok Nga mulai bergerak remang. (2) Cahaya matahari menyemburat dari balik bukit yang memagari kota. (3) Orang-orang sudah dari tadi kembali dari meunasah (beribadah). (4) Orang-orang beranjak mulai mengukir hari. (5) Yang berdagang pergi ke pasar, membuka toko-toko. (6) Yang bekerja di kantoran mandi, bersiap diri. (7) Yang sekolah menyiapkan buku-buku dan peralatan lainnya. (8) Tetapi, hari ini hari Minggu, libur. (9) Lebih banyak yang menyiapkan aktivitas di rumah saja. (10) Tidak ke mana-mana.

(Hafalan Shalat Delisa, Tere Liye)

Kalimat bermajas dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….

A. (2) dan (3)

B. (2) dan (4)

C. (3) dan (4)

D. (6) dan (7)

E. (9) dan (10)

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Soal ini menguji pemahaman siswa mengenai identifikasi kalimat bermajas. Sebagian besar siswa (71%) dapat menjawab benar soal ini. Identifikasi kalimat bermajas merupakan materi yang familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca sastra.

Memahami Teks Nonsastra

2. Cermati kutipan biografi berikut!

Menurut Umar Kayam, saat ia bersekolah di Hollands Islands Schools (HIS), sekolah dasar untuk anak-anak priyayi pada masa itu, ada keharusan untuk membaca dongeng-dongeng, dan ada pelajaran bercerita di depan kelas dalam bahasa Belanda. Diakuinya pendidikan Belanda memang baik, teratur, dan disiplin. Di kelas lima HIS, ia menguasai bahasa Belanda. Sehari- harinya, bersama orang tuanya, ia berbicara dalam bahasa Jawa halus (kromo) campuran Belanda. Bahasa Melayu bukan bahasa sehari-hari. Ia les bahasa Melayu sore hari. Baru pada masa pendudukan tentara Jepang, bahasa Indonesia diwajibkan secara intensif sebagai bahasa pengantar. Meski kelak ditulisnya dalam novel Para Priyayi bahwa masa pendudukan tentara Jepang sangat represif dan menyakitkan sekaligus mengerikan, khususnya di bidang pelanggaran hak-hak asasi manusia secara semena-mena menurutnya. Salah satu tindakan pemerintah pendudukan Jepang yang dapat dinilai positif adalah Jepang berjasa mengindonesiakan kita dalam waktu sekejap.

Keistimewaan tokoh Umar Kayam berdasarkan kutipan biografi tersebut adalah …

A. Umar Kayam mampu membaca buku dongeng untuk diceritakan di depan kelas dalam

bahasa Belanda.

B. Umar Kayam selalu menata kehidupannya baik, teratur, dan disiplin sesuai dengan

pendidikan yang diterimanya.

C. Umar Kayam sehari-hari berbicara dalam bahasa Jawa Kromo halus dan bahasa

Melayu.

D. Umar Kayam sebagai orang Jawa sudah menguasai bahasa Belanda sejak kelas lima

sekolah dasar.

E. Pada masa pendudukan Jepang, Umar Kayam sudah menggunakan bahasa Indonesia.

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menentukan keistimewaan tokoh pada sebuah teks biografi. Pada soal ini sebagian siswa (53%) dapat menjawab benar. Keistimewaan tokoh merupakan materi yang familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca nonsastra.

Perbaikan Kalimat Rutin

3. Cermati paragraf berikut!

Cara Membuat Instagram pada Telepon Seluler Android

Aplikasi jejaring sosial saat ini telah banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya adalah Instagram. Pastikan Anda memiliki kuota dan jaringan internet yang baik sebelum menginstal aplikasi ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang aplikasi Instagram di smartphone Anda:

(1) Pilih dan instal aplikasi Instagram di telepon seluler android Anda melalui Google Playstore.

(2) Klik pasang, tunggu sebentar, kemudian klik buka.

(3) Anda isi data lengkap dengan baik dan benar.

(4) Kemudian Anda akan diminta untuk menghubungkan Instagram dengan Facebook dan

orang yang Anda kenal.

(5) Akun Anda telah berhasil dibuat.

Perbaikan struktur kalimat nomor (3) pada paragraf prosedur tersebut adalah …

A. Isi data lengkap Anda dengan baik dan benar.

B. Data lengkap Anda isi dengan baik dan benar.

C. Anda lengkapi, isi data dengan baik dan benar.

D. Dengan baik dan benar lengkapi isi data Anda.

E. Anda dengan baik dan benar lengkapi isi data.

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Soal ini menguji kemampuan siswa dalam mengurutkan kalimat-kalimat acak menjadi suatu paragraf prosedur yang padu. Pada soal ini sebagian besar siswa (85%) dapat menjawab benar. Hal tersebut kemungkinan karena prosedur yang disajikan dekat dengan kehidupan anak muda zaman sekarang, yaitu yang berkaitan dengan teknologi (cara membuat instagram).

Perbaikan Kalimat Nonrutin 4. Cermati paragraf berikut!

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf tersebut adalah …

A. Tanah longsor terjadi, bila gaya pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya

penahan.

B. Gaya penahan umumnya, dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah.

C. Akan tetapi, gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air,

beban, dan berat jenis tanah batuan.

D. Lemahnya gaya penahan, dan kuatnya gaya pendorong, akan menimbulkan terjadinya

tanah longsor.

E. Ancaman tanah longsor biasanya terjadi pada musim penghujan, karena intensitas curah

hujan meningkat.

Kunci Jawaban: C

Amat wajar jika masyarakat mendambakan polisi yang memiliki ketegasan dalam menegakkan hukum. Selain tegas dalam menegakkan hukum polisi juga bisa bersinergi dengan masyarakat dalam mencegah kejahatan. Terlebih garis marka antara polisi dan masyarakat dalam mencegah kejahatan sangat tipis. Polisi dan masyarakat adalah dua komunitas yang tidak mungkin dipisahkan karena polisi lahir dari masyarakat. Institusi kepolisian sendiri sangatlah penting artinya bagi sebuah negara sebagai bagian dalam menata masyarakat.

Pembahasan:

Soal ini menguji kemampuan siswa dalam memperbaiki tanda baca dalam kalimat pada paragraf. Meskipun perbaikan tanda baca merupakan materi yang rutin, akan tetapi pada soal ini hanya 46% siswa dapat menjawab benar. Hal ini mungkin dikarenakan perbaikan tanda baca tidak ditentukan dalam teks. Perbaikan tanda baca pada soal ini ditentukan oleh siswa pada opsi- opsi jawaban, sedangkan pada soal-soal yang sudah ada sebelumnya, tanda baca yang harus diperbaiki sudah ditentukan pada rumusan soal.

Menulis Terbatas Sederhana

5. Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Susu harus segera disaring dan dimasukkan ke pendingin supaya dapat bertahan kualitasnya.

(2) Untuk mencegah kerusakan tersebut, pengelola peternakan harus paham cara mengolah susu pascapanen.

(3) Susu merupakan produk utama dari sebuah peternakan.

(4) Susu pascapanen akan cepat mengalami kerusakan jika tidak segera ditangani dengan

baik.

(5) Setelah mempertahankan kualitas, tentunya perlu adanya pengolahan susu agar susu lebih

awet.

Urutan yang tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf laporan yang padu adalah ….

A. (2), (1), (3), (5), dan (4)

B. (2), (1), (5), (4), dan (3)

C. (3), (4), (2), (1), dan (5)

D. (3), (2), (1), (5), dan (4)

E. (4), (3), (1), (2), dan (5)

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Soal ini menguji kemampuan siswa dalam mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks laporan yang padu. Mengurutkan kalimat menjadi suatu paragraf yang padu merupakan materi yang familier dan sering diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Soal ini dapat dijawab benar oleh 83% siswa.

Menulis Terbatas Kompleks

6. Cermati kutipan cerpen berikut!

Ketika tubuhnya digerogoti penyakit, dengan enteng orang miskin itu melenggang ke rumah sakit. Ia menyerahkan Kartu Tanda Miskin pada suster jaga. Meskipun banyak bangsal kosong, suster itu menyuruhnya menunggu di lorong. “Beginilah enaknya jadi orang miskin,” batinnya, “dapat fasilitas gratis tidur di lantai.” Dan orang miskin itu dibiarkan menunggu berhari-hari. Setelah tanpa pernah diperiksa dokter, ia disuruh pulang. “Anda sudah sembuh,” kata perawat, lalu memberinya obat murahan. Orang miskin itu pulang dengan riang. Kini tak akan pernah lagi takut pada sakit. Saat anak-anaknya tak pernah sakit, ia jadi kecewa. “Apa gunanya kita punya Kartu Tanda Miskin kalau kamu tak pernah sakit? Tak baik orang miskin selalu sehat.” Mendengar itu, mata istrinya berkaca kaca. [….]

(Perihal Orang Miskin yang Bahagia, Agus Noor)

Prediksi akhir cerita berisi kesedihan yang sesuai isi cerpen adalah …

A. Istrinya hanya bisa menatap wajah orang miskin di hadapannya tanpa berucap satu kata

pun. Ia kagum kepada suaminya yang tak pernah putus asa dan sedih. Suaminya percaya bahwa Tuhan akan selalu menolong hamba-Nya yang lemah selama hamba-Nya tak pernah berhenti berusaha.

B. Istri orang miskin berusaha untuk tabah menanggung beban kehidupannya. Orang miskin pun menghibur istrinya dan mengatakan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang Tuhan berikan kepada mereka.

C. Istrinya merasakan penderitaan yang terus dirasakan suaminya. Namun, suaminya tidak mau menunjukkan kesedihan itu kepada keluarganya. Istri orang miskin membuatkan teh hangat untuk orang miskin. Orang miskin terharu dan meminum teh hangat buatan istri tercinta.

D. Orang miskin kembali melanjutkan bercerita kepada istrinya. Orang miskin berkata bahwa ia banyak melihat orang-orang yang berpakaian bagus yang juga memiliki kartu yang seperti dia miliki. Orang miskin bingung mengapa orang-orang itu juga sama seperti dia?

E. Orang miskin tak berhenti berkata-kata. Tiba-tiba, nafasnya sesak. Wajahnya tampak pucat. Istri orang miskin bingung. Ia berusaha mengusap punggung orang miskin. Istri orang miskin pun merebahkan suaminya di bale tempat mereka duduk. Istri orang miskin kaget. Orang miskin telah mati.

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Soal ini menguji kemampuan siswa dalam memprediksi suatu cerita. Soal ini merupakan soal penalaran yang menuntut siswa tidak hanya memahami isi teks, tetapi juga berpikir logis dan kritis untuk menentukan paragraf yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut. Pada soal ini hanya 23% siswa yang dapat menjawab benar. Hal tersebut kemungkinan karena prediksi cerita merupakan materi baru dalam Ujian Nasional (UN).

Pediksi soal UN

Cemat iparagraf dengang” baik!

Melalui fasilitas yang disediakan, Doni mengoptimalkan kinerjanya di perusahaan yang telah membesarkan namanya tersebut.”

1. Inti kalimat di atas ialah…

A. Fasilitas yang disediakan membuat Doni optimal dalam bekerja.
B. Dengan fasilitas yang ada, Doni terus optimal dalam bekerja.
C. Doni mengoptimalkan kinerjanya.
D. Doni mengoptimalkan kinerjanya di perusahaan.
E. Doni terus mengoptimalkan kerjanya di perusahaan yang membesarkan namanya itu.

Perhatikanlah kalimat berikut!

Ais adalah siswa yang rajin belajar. Akan tetapi, ketika ujian ia selalu membuat catatan kecil yang akan ia letakan di laci mejanya sebagai bahan sontekan. Sudah beberapa kali ia mendapatkan teguran dari gurunya, tetapi ia tidak pernah mengakui perbuatannya itu dan menuduh teman sebelahnyalah yang menyontek. Seperti kata peribahasa…

2. Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut ialah….

A. menawar bunga gugur putik pun gugur
B. air susu dibalas air tuba
C. habis manis sepah dibuang
D. tak ada gading yang tak retak
E. lempar batu sembunyi tangan

Perhatikan Kalimat Berikut Ini!

Pemakaian sumber minyak bumi yang sangat besar untuk berbagai keperluan telah menguras sumber-sumber minyak bumi dunia semakin lama semakin berkurang. Memang sampai sekarangpun minyak bumi masih merupakan sumber energi utama sebagai keperluan kehidupan manusia, terutama untuk berbagai macam industri dan transportasi. Jika tidak di temukan sumber energi lain sebagai sumber energi alternatif, dalam waktu tidak lama lagi dunia akan mengalami krisis energi.

3. Simpulan yang dapat ditarik dari paragraf itu ialah ..

A. Minyak bumi bukan satu-satunya sumber energi
B. Perlunya sumber energi alternatif dalam kehidupan.
C. Pemakai sumber minyak bumi sangat besar.
D. Persedian minyak bumi semakin berkurang.
E. Dunia akan mengalami krisis energi.

4. Menurut isinya paragraf di atas berupa
A. bahasan
B. kisahan
C. perian
D. paparan
E. ajakan

Cermatilah kalimat berikut!
“Kekeringan yang terjadi terlalu lama dapat berakibatkan pada turunnya … tanaman
dan merugikan petani.”
5. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. produksi
B. produsen
C. konsumsi
D. konsumen
E. Kolekto