Menentukan Simpulan Paragraf

Gagasan Pokok, Simpulan, Makna Istilah, Kalimat Penjelas

Kompetensi : Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.
Indikator : Menentukan gagasan pokok, simpulan, makna istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.

Gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/implisit atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf. Gagasan pokok dapat mudah ditemukan dengan menjawab pertanyaan “Paragraf tersebut membahas mengenai apa?”, jawaban pertanyaan tersebut merupakan gagasan pokok.

Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. Intinya kalau simpulan kata-katanya tidk harus sama persis dengan paragraf yang ada di soal.

Makna kata atau istilah
Kata adalah satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, dapat diujarkan sebagai bentuk bebas. Sedangkan istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan suatu konsep, keadaan atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.
Istilah ada yang berupa kata ada pula yang berupa idiom atau ungkapan. Idiom adalah gabungan kata yang membentuk kesatuan arti baru sehingga sering tidak dapat ditelusuri artinya berdasarkan arti unsur pembentuknya. Ungkapan adalah kelompok kata atau perkataan yang bersifat tetap da digunakan untuk menyatakan suatu maksud dengan arti kiasan.

Kalimat penjelas adalah pernyataan khusus, perincian atau bagian-bagian yang menunjang / menjelaskan kalimat utama.

Suatu kesimpulan dapat dirumuskan setelah kita memahami hubungan dari kalimat-kalimat sebelumnya. Kesimpulan sesungguhnya merupakan rangkuman atau ringkasan; bisa juga merupakan hubungan sebab akibat dari maksud kalimat-kalimat sebelumnya.

Contoh Soal Menentukan Kesimpulan dari Paragraf
Cermatilah paragraf berikut!
      Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan ….

Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.Kita tidak akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan dan merawat kecantikan.
B.Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
C.Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakukan dengan berolahraga.
D.Para remaja di kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokter.
E.Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif.
Pembahasan
Kalimat-kalimat sebelumnya menjelaskan tentang ber-macam-macam iklan yang menawarkan jasa menurunkan berat badan. Dengan demikian, kesimpulannya adalah “banyaknya iklan penawaran itu, dapat membingungkan konsumen untuk memilihnya”.
Jawaban:E

Tajuk adalah nama kolom di dalam surat kabar atau majalah. Tajuk berisi opini atau pendapat redaksi surat kabar/majalah yang bersangkutan.

Contoh Soal Menentukan Opini Penulis dalam Tajuk
Cermati tajuk berikut
      Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil. Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih satu prestasi. Apalagi kalau mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat pemerintah berjalan dengan baik. Pekerja profesional membuat tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan Cina dan negara-negara Asia lain yang sudah lebih maju.

Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah …
A.Janji-janji pada waktu pemilihan hanya merupakan penarik simpati masyarakat.
B.Kita hendaknya menagih janji pemimpin jika sudah terpilih dalam pemilihan.
C.Hasil yang nyata dari sebuah pemerintahan dapat terlihat dari kinerjanya selama setahun.
D.Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya.
E.Profesionalisme pemerintah tidak mampu menampilkan hasil yang nyata bagi masyarakat.
Pembahasan
Ciri opini, antara lain, menggunakan kata-kata seperti mampu, belum mampu, belum cukup, sangat parah, dan sejenisnya. Semua kalimat berita di dalam tajuk tersebut merupakan opini. Adapun opini yang relevan adalah “Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya”.
Jawaban:D

Home » bahasaindonesia , ujian-bahasa-indonesia » Menentukan Watak Tokoh Novel | UN Bahasa Indonesia
Menentukan Watak Tokoh Novel | UN Bahasa Indonesia

Terdapat beberapa cara pengarang di dalam menggambarkan watak seorang tokoh:
a. pemberitahuan langsung oleh pengarang,
b. penceritaan melalui tokoh lain,
c. tingkah laku tokoh,
d. dialog tokoh itu sendiri,
e. jalan pikiran tokoh,
f. penampilan fisik tokoh, dan
g. lingkungan tokoh.

Contoh Soal Menentukan Watak Tokoh Novel
Bacalah dengan saksama kutipan novel berikut!
       A Kiong kembali merogoh sesuatu dari dalam koper dan segera menyerahkan kunir seukuran ibu jari. Tanpa banyak cingcong, Mahar memotong kunir dan dengan gerakan sangat cepat tak sempat kuhindari ia menggerus kunir itu di keningku, melukis tanda silang yang besar. Maka, terpampanglah di keningku huruf X berwarna kuning. Lalu, seperti telah sama-sama paham prosedur berikutnya, tanpa dikomando, A Kiong mengambil dahan-dahan beluntas dari dalam koper, melemparkannya kepada Mahar yang menyambutnya dengan tangkas dan langsung menampar-namparkan daun-daun itu ke sekujur tubuhku. Sementara Mahar mengibas-ngibaskan daun beluntas dengan beringas, A Kiong serta-merta menyembur-nyemburkan air ke seluruh tubuhku-termasuk wajah-melalui alat penyemprot bunga sehingga yang terjadi adalah sebuah kekacauan. …
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

Bahwa tokoh Mahar seorang yang gesit, tidak mengenal belas kasih, dan percaya pada hal-hal gaib dideskripsikan melalui ….
A. pikiran tokoh
B. tindakan tokoh
C. bentuk fisik tokoh
D. lingkungan tokoh
E. uraian langsung tokoh

Pembahasan
Tokoh Mahar yang gesit tampak dari tindakan atau perilaku tokoh, sebagaimana yang tergambar di dalam kalimat (2), (4), dan (5).
Jawaban: B

Melengkapi Larik Pantun | UN Bahasa Indonesia

Pantun merupakan puisi lama yang pada umumnya terdiri atas empat larik. Dua larik pertama merupakan sampiran dan dua larik berikutnya merupakan isi. Pantun memiliki pola rima akhir a-b-a-b.

Contoh Soal Melengkapi Larik Pantun
Cermatilah pantun berikut!
       Pergi berlibur ke pantai
       Pulangnya naik odong-odong
       Jadilah anak yang pandai
       ……………..

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. Jangan selalu tolong-menolong
B. Perangai baik dan tidak sombong
C. Punya teman suka menolong
D. Jangan bicara omong kosong
E. Punya otak janganlah bolong

Pembahasan
Pantun tersebut perlu dilengkapi oleh sebuah larik isi. Untuk melengkapinya, kita harus memerhatikan rima pada setiap kata, termasuk rima akhir, dari dua sampiran sebelumnya.
a. Larik pertama berima akhir /a/
b. Larik kedua berima akhir /o/
Di samping itu, perhatikan pula maksud dari larik isi yang sudah tersedia. Larik tersebut berisi tentang perlunya menjadi anak pandai. Berbicara tentang kepandaian, ada kaitannya dengan masalah “otak”. Dengan demikian, larik isi berikutnya yang sesuai adalah /Punya otak janganlah bolong/.
Jawaban: E
Menentukan Isi Biografi | UN Bahasa Indonesia
Written By Dadang Kamaru on Tuesday, 5 March 2013 | 00:47

Biografi adalah buku yang mengisahkan kehidupan seseorang. Kisah orang itu dibukukan karena ia memiliki daya tarik atau keistimewaan-keistimewaan, misalnya dalam hal pemikiran, karyanya, kepemimpinannya, dan yang lainnya.

Contoh Menentukan Isi Biografi
Bacalah paragraf berikut!
      Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seorang penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat 8 Juni 2007, Chairil Anwar, yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
      Chairil Anwal memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini, antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi, yang disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish(1948).
      Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.
      Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajak Aku, diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.

Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah …
A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
B. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal.
C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI.
E. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.

Pembahasan
Cuplikan biografi tersebut berkisah tentang Chairil Anwar, seorang penyair. Ia merupakan sosok tokoh yang memiliki keistimewaan dalam hal karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman.
Jawaban: A

Melengkapi Larik Puisi Baru | UN Bahasa Indonesia

Salah satu ciri dari puisi yang baik adalah memiliki kepaduan ataupun harmonisasi dalam bunyi dan makna kata-katanya. Untuk itu, dalam melengkapinya pun, kita harus memerhatikan pilihan kata atau diksinya agar bunyi dan maknanya menjadi padu, terutama dengan kata sebelum ataupun sesudahnya.

Contoh Soal Melengkapi Larik Puisi Baru
Cermatilah puisi berikut!
Kehidupan
Dialah sang sutradara
Dan kita semua para …
Maka persoalan yang utama
Bagaimana memainkan peran kita
Karena kita tak bisa memilih
Mari bermain dalam bimbingan-NyaDiksi yang tepat untuk melengkapi larik kedua puisi tersebut adalah ….
A. penontonnya
B. aktornya
C. artisnya
D. oratornya
E. penerusnya

Pembahasan
Bagian rumpang harus dilengkapi oleh kata yang memiliki hubungan dengan kata sutradara. Berdasarkan hubungannya dengan kata-kata itu, kata yang tepat untuk mewakili bagian yang dirumpangkan adalah aktor. Apabila Dia (Tuhan) sebagai sutradaranya, kita sebagai manusia, menjadi aktornya.
Jawaban: B

Ungkapan adalah perkataan atau kelompok kata yang khusus menyatakan maksud tertentu dalam arti kiasan, bermakna tidak sebenarnya.
Contoh ungkapan Makna
membuka hati menerima saran/masukan
kebahagiaan semu tampak di luar bahagia, pada-hal hatinya tidak
mulut manis kata-kata yang melenakan
mulut berbisa perkataan yang mencelakakan
kelembutan hati perasaan damai, tenteram

Contoh Soal Melengkapi Paragraf dengan Ungkapan
Cermati paragraf narasi berikut!
       Ombak yang bergulung lembut sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan layar warna-warni menghias diorama nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar matahari sore. Sementara itu, wajah kecut wanita muda berpaling bahwa pesona keindahan alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah melukis kisah indah di hatinya ternyata tega berkhianat. Kesuciannya dirampas karena janji-janji kosong. Dia merenung, ternyata keimanannya dikalahkan hanya dengan pujian memabokkan dan …. Rasanya tinggal kekecewaan yang sedang dilempar ke ufuk biar tenggelam, tetapi mana mungkin?

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. membuka hati
B. kebahagiaan semu
C. mulut manisnya
D. mulut berbisa
E. kelembutan hati

Pembahasan
Ungkapan yang sesuai dengan isi cerita adalah “mulut manis”. Ungkapan itu menggambarkan keadaan tokoh wanita yang terjebak dan terbuai oleh perkataan yang melenakannya.
Jawaban: C

Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut

SOAL 1 :
Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah …

A. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Isi teks: penyebab sakit tenggorokan (kalimat 1); sakit tenggorokan dapat pulih sendiri (kalimat 3); Namun … persaan air jeruk lemon dan madu … dijadikan obat sakit tenggorokan (kalimat 4). Pendapat akhir: Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan …. (sesuai data pada kalimat 1, 3, dan 4)

Soal 2:
Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah …
A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.

Bukti data: Tidur … menjaga tubuh agar tetap sehat. (kalimat pertama); … tidur 8 jam per malam, lebih sehat …. (kalimat kedua); Tidur…memulihkan sistem imun. (kalaimat ketiga); Ketika tidur… kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.(kalimat keempat)

Soal-soal lainnya:

Soal 1
Berlaku curang pada saat mengukuti ulangan jika tidak diketahui guru memang menguntungkan. Bayangkan saja, tanpa harus bersusah-susah belajar, siswa yang berlaku curang mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran yang diteskan. Namun, mereka tidak sadar bahwa kelakuan mereka ini menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian. Siswa yang dengan bersusah payah belajar mempersiapkan ulangan, nilainya lebih rendah daripada siswa yang berlaku curang dengan menjiplak jawaban temannya atau dari buku pelajaran dan catatan. Lebih parah lagi, si pelaku merasa bangga dengan nilai yang didapatkannya. Mereka tidak peduli akan teman lain yang berlaku jujur, nilainya lebih rendah daripada mereka. Bahkan, mereka menyalahkan teman-temannya karena tidak berani berlaku curang. Padahal siswa yang tidak berlaku curang telah berlaku jujur ketika mengikuti ulangan.
Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut…

a. Si pelaku kecurangan merasa bangga dengan nilai yang didapatkan.
b. Tanpa harus belajar, siswa yang berlaku curang akan mendapatkan nilai yang baik.
c. Berlaku curang ketika mengerjakan ulangan menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian.
d. Kita merasa prihatin terhadap tindakan siswa yang suka berlaku curang.

Soal 2:
Limbah atau hasil buangan kapal sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan pengaruh sampah-sampah dan gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber penghidupan nelayan. Ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.
Simpulan isi bacaan di atas adalah…

a. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan di laut.
b. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan.
c. Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap kehidupan biota laut.
d. Air laut yang tercemar tidak dapat digunakan sebagai tempat ikan dan terumbu karang.

Belajarlah dengan kesungguhan,tingkatkan minat baca Anda dgn ini, wawasan dan cakrawala pengetahuan akan sempurna..!!     Selamat belajar dan menempuh UN 2015  Zefara Azzahra, salam